SMA Kolese De Britto Yogyakarta

SMA Kolese De Britto, adalah sebuah Sekolah Menengah Atas Umum, dengan nafas pendidikan Katolik. Pengelolaan De Britto di bawah Yayasan De Britto, yang dikelola oleh Pastur-pastur/Frater-frater Serikat Jesus (SJ).

SMA De Britto menganut pendidikan homogen, dalam arti semua siswanya adalah putra. Hal ini, yang sedikit banyak memberikan ciri khas pada suasana dan hasil belajar mengajar De Britto.

De Britto terletak di Jalan Adisucipto 161 Yogyakarta 55281, di tanah seluas 32.450 m2.

Pendidikan De Britto berlandaskan slogan Ad Maiorem Dei Gloriam, yang artinya demi kemuliaan nama Tuhan. Di De Britto, para siswa diberikan kebebasan, namun tetap dituntut untuk bertanggung jawab. Hal ini tampak dalam diberikannya kebebasan bagi para siswa untuk mengenakan baju bebas (di hari-hari tertentu) dan berambut panjang (tanpa batas), namun di balik kebebasan itu, kedisiplinan dalam bidang pengajaran sangat diperhatikan, misalnya dengan penetapan standar nilai yang tinggi.

Selain AMDG, siswa de Britto dikenalkan juga dengan prinsip Tidak Takut, Tidak Malu, dan Tidak Malas” serta “Man for Others”. Semangat-semangat ini yang menjiwai keseharian kehidupan di SMA Kolese De Britto.

Pendidikan (pendampingan siswa) di De Britto bertujuan :

Iman yang terintegrasi dalam kehidupan

Mengintegrasikan kesadaran imannya akan Allah dalam segenap sisi kehidupannya.

Optimalisasi dan keseimbangan

Mencoba memperkembangkan siswa baik kemampuan akademis, bakat, dan bidang minatnya secara optimal dan seimbang

Disiplin, kerja keras, dan semangat untuk mau berusaha dengan gigih

Mau menggunakan semua sarana yang ada dengan tepat dan bertanggung jawab, mengembangkan diri demi pelayanan kepada sesama dan memiliki ritme serta mekanisme hidup yang matang dan dewasa.

Mandiri

Mampu memiliki pandangan/prinsip yang dihayati dari hati nuraninya, mampu mengambil keputusan sendiri, mampu bertindak sesuai dengan apa yang dipandang baik walau mungkin itu malwan arus, mampu melepaskan diri dari pengaruh yang kurang menguntungkan dalam mencapai kematangan dan kedewasaan pribadi.

Kreatif

Mampu menemukan jalan-jalan baru yang inovatif dan makin mampu secara efektif menyelesaikan segala masalah yang dihadapi; tidak berhenti berkembang dan selalu mencari yang lebih baik lagi.

Berjuang untuk sesama

Memiliki motivasi tinggi untuk menggunakan segala bakat yang dimilikinya untuk melayani sesama, memupuk jiwa kepemimpinan untuk berjuang bagi sesama demi kebenaran, keadilan dan kebaikan.

Pin It on Pinterest

Share This