Mungkin suatu “kecelakaan” bagi saya masuk dalam ikatan alumni JB 2000, mungkin? Ya, karena setelah lebih dari 10 tahun melirikpun tidak dan karena suatu masalah pribadi saja saya kemudian merasa kesepian dan kambuh penyakit saya bergaul dengan “mereka – mereka” . Untung atau buntung? Bisa dilihat selanjutnya saya lebih asik dan asik banget, ketahuan ternyata saya lapar memberi .

Hari itu,  Selasa,  tanggal 27/12/2016 kami ber-7 dengan beberapa keluarga dari teman kami siap melakukan peran utusan dari JB angkatan 2000. Kegiatan ini kami namakan FSI (Front Sedekah Indonesia) , sebuah kegiatan sedekah dari JB 2000 yang dilakukan secara berkala saat uang yang kami kumpulkan telah mencapai jumlah tertentu. Koordinator dari kegiatan ini adalah mas HBU, namun komando dari tiap kegiatan dilakukan secara bergantian.

Kegiatan FSI kali ini dilakukan dibawah komando mas Saryanto dan mengambil waktu bersamaan dengan MPK SMA Kolose De Britto.   Kami datang dijamu dengan baik di rumah Mas Saryanto dengan menu “khas”nya yang empuk terlebih dahulu, pukul 14.00 waktu itu dan kemudian baru pukul 15.30 melanjutkan ke TKP yaitu Panti Asuhan Sang Timur. Di Panti disambut langsung oleh Suster Kepala Panti.

Setelah kami memperkenalkan diri masing – masing, kemudian Suster Kepala Panti menceritakan tentang keadaan Panti. Panti Asuhan Sang Timur saat ini ada 29 anak asuh dengan 7 suster yang mendampingi, Keadaan Panti sendiri saat kami disana diceritakan memiliki 3 donatur tetap untuk operasional tiap harinya dan sisanya mereka usaha sendiri, banyak cerita suka duka yang dibagikan oleh suster kepala, mulai dari hubungan sosial antara pihak Panti dengan masyarakat sekitar, keadaan siswa didik Panti, masalah biaya hidup sehari-hari sampai dengan kesulitan-kesulitan mereka dalam hal donatur. Tak lupa kami diajak keliling ke area Panti.

Panti Asuhan Sang Timur tidaklah cukup luas, mereka sedang membangun sumur serapan dimana tinggal finising pemasangan pipa-pipa saluran air. Meskipun tak luas kami melihat penataan ruangan sudah cukup rapi, dan bersih, kami juga diperlihatkan dimana akan dibangun 5 kamar mandi diatas ruangan yang sebenarnya pantasnya dibangun untuk 3 kamar mandi saja. (mengenai pembangunan ada yang mau sedekah?). Mengenai penataan dan kebersihan Panti diceritakan oleh Suster Kepala baru bisa dikatakan layak dan bersih seperti saat ini kira – kira 2 tahun berjalan, karena sebelumnya hal – hal kebersihan dan penataan ruang sama sekali tidak terurus dengan rapi, penyebabnya biaya dari donatur. Yah, pihak Panti waktu itu belum punya donatur tetap, sedang permintaan proposal bantuan pun masih terkendala oleh administrasi dan peraturan. Disela-sela waktu berjalan sempat saya tanyakan tentang KIP (Kartu Indonesia Pintar), KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) atau KIS (Kartu Indonesia Sehat) atau bantuan dari pemerintah daerah dan Suster Kepala menjawab bahwa untuk KIP, KKS, KIS  terkendala  pada Akta Kelahiran dan atau Kartu Keluarga jadi hampir semua anak tidak mendapatkan itu, sedang dari pemerintah daerah mereka membantu dengan pemberian bibit lele untuk dipelihara pihak Panti Asuhan. Begitulah, kami sempat melihat kegiatan anak panti yang kebetulan waktu itu sedang latihan tari untuk suatu acara, membagi keceriaan foto – foto dan pemberian sedikit sedekah yang di wakili saudara HBU kepada Suster Kepala Panti.

 

 

Tentang Panti Asuhan :

Panti Asuhan Sang Timur terletak di Jalan Karang Jatisarono 4 Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Saat ini Panti asuhan di pimpin oleh Sr. Maria Immaculata Sumaryanti, atau sering dipanggil dengan nama Sr. Yohana, Dibawah Yayasan Clara Fey. Ada 29 orang menjadi anak asuh disana dimana rentang umur berbeda dan  latar belakang pendidikan antara SD sampai SMA. (perempuan semua).

Alamat : Jalan Karang Jatisarono 4, Nanggulan, Kulon Progo Yogyakarta , 55671
Telepon : (0274) 2820376 / HP 081339371267
Rekening :
– BCA KCP Godean : no. rek 8020292424 a/n SR. Esther Dhana / SR. Maria Immaculata Sumaryanti
– BRI Unit Nanggulan : no.rek 6934-01-012437-53-1 a.n Panti Asuhan Sang Timur

Visi :

Komunitas Asrama dan Panti Asuhan Sang Timur yang penuh kasih persaudaraan,  kegembiraan, kesederhanaan, komunikatif, integritas dan profesional

Misi :

  1. Menumbuhkembangkan nilai kasih persaudaraan warga asrama dan panti yang diwujudkan dalam sikap saling melayani, etika, citra positif, hormat martabat dan pengampunan.
  2. Menumbuhkembangkan nilai kegembiraan warga asrama dan panti yang diwujudkan dalam rasa syukur, sikap tulus, suka cita dan damai
  3. Menumbuhkembangkan nilai kesederhaan warga   asrama dan panti yang diwujudkan dalam semangat berbagi, rendah hati, berani berkata cukup dan hidup hemat.
  4. Meningkatkan nilai komunikatif warga asrama  dan panti yang diwujudkan dalam sikap ramah lingkungan, kerja sama, dialog dan hubungan interpesonal
  5. Meningkatkan nilai integritas warga asrama dan panti yang diwujudkan dalam sikap mandiri, tanggung jawab, keteladanan, kepercayaan dan komitmen
  6. Meningkatkan nilai profesional dalam pengelolaan   maupun pendampingan asrama dan panti yang diwujudkan dalam panggilan jiwa sebagai bapak-ibu pengganti.

Tujuan :         

  • Suasana Asrama / Panti Asuhan Sang Timur tertib, disiplin, rapi, indah, nyaman dan rindang.
  • Anak dan pendamping dalam hidup bersama mengutamakan budaya dialog, komunikasi, hubungan personal.
  • Anak mendapatkan pendampingan dan pelayanan dengan semangat kasih persaudaraan, kegembiraan dan kesederhanaan.
  • Anak menunjukkan perkembangan pribadi secara berkualitas, berwatak, beriman dan berbudi pekerti luhur.

 

Oke sekiranya itu yang dapat kami ceritakan dari acara FSI kali ini , sampai ketemu pada FSI selanjutnya.

Terimakasih.
-Heriyunanto, JB2000-

Pin It on Pinterest

Share This