Never forget what you are, for surely the world will not. Make it your strength. Then it can never be your weakness. Armour yourself in it, and it will never be used to hurt you

George R.R. Martin, A Game of Thrones (A Song of Ice and Fire, #1)

 

 

Mungkin quotes ini yg mendekati harapan kami, paguyuban Alumni Kolese De Britto dalam membentuk Chapter ini.

 

img-20161218-wa0019Sekilas, design kartu Kartu tanda anggota dan sekaligus E Money ini biasa saja dan kurang mewah. Namun dibalik detailnya, designer kartu ini, yang dikomandoi Freddy Marsetya JB2004, menanamkan nilai nilai yang bagi pemiliknya kelak akan mengingatkan selalu akan identitas sebagai manusia dan sebagai Alumni Kolese De Britto.

 

Gambar silluet obor yang diambil dari lambang Kolese De Britto menunjukkan bahwa kita memiliki tugas yg melekat yakni untuk menjadi terang bagi sesama. Fungsi ‘man for others and man with others’ dalam hidup setiap insan yg pernah mengenyam pendidikan di Kolese ini.

Sekaligus juga, siluet obor ini menunjukkan nyala semangat kami untuk bersatu dalam ikatan Alumni Kolese De Britto dalam tiap sisi kehidupan yg berguna alias berdayaguna bersama (misi Paguyuban Alumni Chapter BeCiK)

 

Gambar bentuk global lambang kolese De Britto yg berderet-deret menunjukkan bahwa kita diharap selalu bersatu dengan semua kawan Alumni, baik seangkatan maupun yg tidak seangkatan. Ditambah lagi dengan warna hijau yg beragam, utk menunjukkan bahwa meski berbeda, kita harus tetap bersatu membentuk suatu latar belakang persatuan. Seperti Quote diatas, persatuan menjadi ‘strength’/ kekuatan/kelebihan kita dalam hidup ini.

 

Ditekankan lagi dengan tulisan petikan mars Kolese De Britto ‘SELALU TETAP BERSATU DENGAN SEMUA KAWANMU’ di bagian belakang kartu.

 

Bagi designernya Kartu ini jelas mengingatkan selalu identitas kita, agar  tetap memiliki semangat, selalu bersatu dalam mewujudkan terang bagi sesama terlebih di dunia yang semakin egois dan membuat kita melupakan peran sebagai makhluk sosial.

 

Jadi jelas secara penampakannya, design ini memiliki pesan yang kuat, namun apakah fungsi sebenernya dari kartu ini, apakah hanya sebagai alat pembayaran seperti yang lain?

Tentu tidak. Seperti quote di atas, armour yourself in it, and it will be Never used to hurt you.

 

Alat pembayaran hanyalah fungsi tambahan, fungsi utama adalah sebagai Kartu Tanda Anggota. Nomor tertera di sisi depan *JB-BeCiK-xxxx* adalah nomor induk yang dimiliki masing-masing member, terhubung dengan database induk Chapter BeCiK yang memuat informasi personal warga, dan data ini dipakai untuk menjadi dasar interkoneksi antar warga supaya semakin berdaya guna, termasuk informasi detil profesi.

Selain itu tertera nomor kontak call center yg berguna sewaktu waktu jika dibutuhkan, dan alamat email untuk menerima masukan, informasi, bahan tulisan dari warga dsb.

 

Bagi kami yg tinggal di pinggiran ibu kota Jakarta, kesederhanaan menjadi modal awal hidup merantau kami, sehingga tercermin dalam kesederhanaan warna penyusun kartu ini, yg mengajak kami, untuk selalu sederhana dan rendah hati dalam tanggung jawab, menjadi terang bagi sesama.

 

Semoga saudara-saudara alumni Kolese De Britto dimanapun berada, juga tetap bersatu seperti harapan kami disini, dan berbagi terang baik bagi sesama alumni maupun bagi sesama. Disana kita menunjukkan kasih Tuhan yg tercurah bagi kita semua.

 

Selamat Merayakan Natal

salam urip iku urup

 

 

In memoriam of :

Anggara Wahyu JB 94

Deddy Indracahya JB96

#AMDG